Bodoh dan Dzalim

Buah kelapa tua dan muda di pantai Pulau Kerengga

Bodoh dan dzalim. Entah ini minggu ‘pagi’ yang keberapa. Pahamkah kalian yang saya maksud pagi disini?. Waktu disaat burung-burung telelap panjang, suara-suara semakin menghilang, sepi senyap menyegap. Antara terbenam dan terbitnya matahari yang sama panjangnya. Tengah malam? bukan juga. Toh, ini sudah lebih dari itu. Penyakit tidak tidur kembali menerpa. 01:28 a.m.
Bodoh dan dzalim. Itulah dua gelar yang diberikan Tuhan kepada kita, manusia. Kalau kalian tidak terima dengan gelar itu, silahkan kalian bikin petisi protes kepada Tuhan. Katakan bahwa kalian bukan makhluk seperti itu. Lakukan!. Namun, bagi saya Tuhan benar adanya dan apa-apa yang dikatakan Tuhan pastilah mengandung kebenaran. Saya mengakui, bahwa saya memang Bodoh dan Dzalim. Sungguh!.
Bodoh dan dzalim. Orang bodoh itu, ketika dia jatuh kelubang yang sama dengan disengaja. Dia melihat lubang menganga ditengah jalan, tapi nekat melewatinya. Tidak hanya sekali tapi berulang kali. Dia sepenuhnya paham, bagaimana rasanya jatuh ke lubang. Namun, dengan bodohnya ia merelakan tubuhnya untuk merasakan penderitaan atas tindakan bodohnya. Dan yang terkahir itu disebut dzalim. Dia dzalim pada tubuhnya, waktunya, bahkan masa depannya. Perbuatan bodoh yang disengaja untuk mendzalimi dirinya sendiri.
Pagi ini, Bodoh dan dzalim kembali berulang. Perasaan yang sama datang kembali, menerpa.

‘Allahuma inni a’udzubika minal hammi wal hazani wa a’udzubika minal ajzi wal kasali wa a’udzubika min ghalabatid dayni wa qahrir rijaali’ (HR. Abu Dawud)

.Inciralti, 20 April 2014.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s