Hastane Adasi

Hastane Adasi dengan bagunan rumah sakitnya
Hastane Adasi dengan bagunan rumah sakitnya

Sewaktu senja, yang tidak sedang berhembus sedikitpun angin ribut ataupun hujan badai tiba-tiba muncul keinginan yang terdalam untuk segera menikah JJS alias jalan-jalan senja. Hidup di asrama kampus yang letaknya di gunung di negara entah berantah memang kadang bikin susah jika waktu senja datang. Iya sih, pemandangannya bagus dengan gedung-gedung kampus yang berlatar bukit seribu (emang jumlahnya segitu #lebay ) jika dapat sorot matahari dari balik bukit tersebut nampak siluet yang indah, tapiii… seiring menghilangnya matahari kehidupan kampus pun juga ikut-ikutan menghilang apalagi di bulan libur panjang seperti ini.

Nah di waktu tanpa angin ribut ataupun hujan badai itu, tiba-tiba muncul keinginan untuk JJS yang sudah saya sebutkan tadi. JJS kali ini adalah pantai Urla. Saya kasih bocoran, Urla itu sebuah kota yang kalau di Indonesia se-level kota kecamatan di Jawa. Tidak terlalu besar tapi apa aja komplit. Dan yang unik (bukan cantik) dari kota ini adalah pantainya. Berhubung saya selama ini belum pernah ceburan di pantai Urla maka sore itu saya manfaatin buat menumpas rasa penasaran yang sudah menumpuk di dada.

Daan… akhirnya sampailah di tempat yang dituju. Terkaget-kaget saya saat menginjakkan kaki di pasir tanah di pantai ini. Kekagetan pertama adalah sulit sekali saya membedakan apa yang sedang saya injak antara itu tanah atau pasir, kalau tanah masak pantai bertanah kan lazimnya berpasir. Karena warnanya hitam keabu-abuan dan lembut seperti tanah yang bikin belepotan jika kita berbaring di atasnya, bukan putih pasir seperti kebanyakan pantai di Indonesia. Kekagetan kedua adalah ternyata pantai ini ramai sekali pengunjungnya. Dari anak-anak kecil yang bawa pelampung sampai kakek-kakek yang jalan saja sudah sempoyongan. Dan mereka nampak bahagia. Coba bayangkan kalau itu di Indonesia, mana laku pantai kaya gitu. Namun, menurut saya yang unik dari pantai ini adalah sebuah pulau kecil di depan pantai ini dan bagusnya kita tidak perlu perahu untuk menyeberang kesana. Ada sebuah jembatan beton untuk akses ke pulau itu.

Jembatan akses ke pulau
Jembatan akses ke pulau

Diawal niatnya mau ceburan namun akhirnya saya malah tertarik dengan pulau itu. Langkah kakipun segera beralih menuju kesana. Dilihat dari kejauhan pulau itu nampak rindang oleh pepohonan. sekitar sepuluh menit berjalan menyeberang sampailah didepan gerbang pulau. Terdapat sebuah papan besar bertulis “Ada Hastanesi” atau rumah sakit pulau yang artinya papan itu untuk menegaskan nama sebuah rumah sakit bukan nama pulau itu sendiri. Setelah beberapa menit masuk kedalam pulau, akhirnya saya paham mengapa perlu ada tulisan itu. Karena ternyata, satu-satunya bagunan di pulau itu adalah rumah sakit (mungkin kalau di tempat kita puskesmas)  pemerintah kota Urla. Inilah kekagetan saya yang ketiga, biasanya di kota-kota lain yang pernah saya kunjungi baik di Indonesia maupun di Turki yang namanya rumah sakit ya di pusat kota atau paling jauh di pinggiran kota, nah kota ini malah menempatkan rumah sakit yang mana fasilitas penting bagi penduduk kota di tempat yang sangat jauh bahkan beda pulau lagi. Jarak dari sehir merkezi (pusat kota) kurang lebih dari 15 km. Entah apa pertimbangan dulu saat membangun, padahal di sekitar kota ini masih banyak lahan-lahan pertanian yang sangat mungkin di konversi sebagai lahan rumah sakit. Unik bukan?

Nah berhubung saya tidak tau apa nama pulau itu dan mengingat satu-satunya bangunan di pulau tersebut adalah rumah sakit, maka mulai sekarang saya sebut pulau itu sebagai Hastane Adasi atau Hospital Island  atau pulau rumah sakit.

Leave a Reply

