Yang Saya Khawatirkan

Yang saya khawatirkan

Adalah orang-orang yang tidak lagi percaya pada ilmu. Yang menempatkan ilmu sesudah amal atau malah tak ada tempat untuk ilmu sama sekali. Menganggap ilmu bukan sebagai landasan. Yang menganggap para pengilmu sebagai penganggu. Yang sering meremehkan para ulama sebagai insan berilmu. Yang menjadikan nasehat sebagai hal yang menyebalkan.

Yang saya khawatirkan

Adalah terjadinya pergeseran makna ke arah peyorasi. Yang baik menjadi buruk, yang buruk seolah-olah menjadi baik. Yang benar tampak salah, yang salah menjadi hal yang lumrah. Semua tampak begitu membingungkan. Semua tampak menggiurkan.

Yang saya khawatirkan

Adalah para pemuda yang hilang arah.  Yang lemah dalam prinsip. Yang tidak siap pada perubahan situasi. Yang mudah untuk sekedar manut akan instruksi. Juga adalah para kaum tua yang lupa. Yang lupa cara membimbing. Yang lupa akan cara menasehati. Yang tidak lagi merasa puas. Yang lupa akan arti kebahagian.

Yang saya khawatirkan

Adalah orang-orang yang sombong. Yang dengan kesombongannya lupa akan syarat-syarat. Yang dengan kesombonganya lupa akan tahap-tahap. Yang dengan kesombonganya lupa akan arti kesabaran. Yang dengan kesombongannya menganggap diri mereka benar. Yang dengan kesombongan aturan Tuhan jadi olok-olokan.

Yang saya khawatirkan

Adalah para pemimpin yang mencengkram. Yang dengan kuasanya ia mengancam. Yang dengan kesantunanya ia menipu. Yang dengan buhul-buhul hitam dibelakangnya ia membuat kerusakan. Yang ia lupa cara bagaimana mensejahterakan. Yang ia lupa cara membuat nyaman rasanya beribadah.

Yang saya khawatirkan

Adalah Saya.

Leave a Reply

