Manga: Tidak Sekedar Hiburan, Banyak Hal Menarik Yang Bisa Dipetik

One-Piece-Crew-Wallpaper

Pertama kali saya menyukai manga atau kita biasa menyebutnya komik adalah sejak kelas dua SMA. Waktu itu, Ridho (katakanlah seperti itu) teman sekelas saya yang manga lover sejati bin maniac bin at… tidak jadi ding, sering membawa komik ke sekolah. Awalnya saya tidak tertarik karena berpikir komik adalah bacaan anak kecil, mending baca buku atau novel sekalian. Kemudian, saya iseng untuk meminjam salah satu manga koleksinya, kebetulan yang dibawa waktu itu adalah manga One Piece chapter saat Luffy dan krunya sedang di Skypiea. Sejak itu, saya gandrung dengan yang namanya manga. Taman-taman bacaan di sekitar jalan Gejayan-Kaliurang menjadi sasaran blusukan saya untuk pinjam manga. Kalo sedang kere, biasanya saya numpang baca di taman bacaan itu atau ke toko Gramedia. Mereka memang menggratiskan siapa saja yang ingin baca koleksi mereka asal baca sambil berdiri. Jaman itu, belum musim manga online seperti sekarang jadi perjuangan untuk update manga tiap minggunya perlu perjuangan lebih.

Hingga sekarang, saya masih tetap membaca manga. Namun hanya tersisa dua yang selalu saya tunggu tiap pekannya, yaitu One Piece dan Naruto. Dua manga ini memang juara dan patut untuk ditunggu, meskipun akhir-akhir ini cerita Naruto makin membosankan. Jika sampeyan penggemar manga tentu sudah tahu jalan cerita dua komik tersebut, buat yang tidak? silahkan sampeyan ke toko buku untuk beli komik dan terpenting jangan lupa untuk dibaca. Lalu mana hal yang menarik dari manga itu? 

Persahabatan

Banyak sekali kisah persahabatan yang digambarkan melalui manga. Selain One Piece dan Naruto, ada Rave, Bleach, Kyo dan masih banyak lagi. Di One Piece diceritakan Luffy dan kawan-kawannya berpetualang untuk mendapatkan harta karun berharga yang bernama One Piece. Dalam kisahnya banyak penggambaran tentang arti persahabatan, arti sebuah nakama dalam kelompok mereka. Mereka siap mempertaruhkan apapun jika salah satu teman mereka terancam dan seterusnya.

Menetapkan Tujuan

Seperti kata Tung Desem Waringin tentang arti penting setting goals dalam hidup. Di manga juga bisa diambil pelajaran seperti ini. Lihat saja, Luffy seorang anak kecil yang tumbuh di desa bercita-cita menjadi Raja Bajak Laut yang orang lain banyak menertawakannya, atau Zoro salah satu krunya ingin menjadi pendekar pedang nomor satu di dunia dan masih banyak lagi. Disini manga memberikan pelajaran, jangan takut untuk menentukan mimpi. Karena dengan mimpi itu, kaki kita akan dituntun kearah seperti apa yang kita inginkan.

Pantang Menyerah

Ini adalah salah satu karakter yang selalu ditonjolkan dalam setiap manga. Karakter never give up selalu muncul dalam tokoh-tokoh manga dalam rangka meraih goal yang sudah ditetapkan. Mereka yang dengan sikap pantang menyerah, maka mereka selalu berhasil memenangkan pertandingan atau meraih mimpi-mimpinya.

Tidak Harus Cerdas Untuk Menjadi Leader

Lihat saja karakter Luffy atau Naruto yang mempunyai tingkat kebodohan yang tidak terbatas, tapi tetap saja ia dianggap menjadi pemimpin dan layak untuk itu. Karena tidak harus cerdas untuk menjadi seorang leader, tapi menjadi bijak yang menuntun seseorang menjadi pemimpin.

Imaginatif

Pelajaran ini diambil dari komikusnya sendiri. Berpikir out of the box adalah salah satu kelebihan para penulis manga. Banyak sekali hal-hal yang imaginatif, tak terduga dan di luar kebiasaan yang bisa kita ambil pelajaran dari sebuah manga. Dengan mind set seperti itu maka problem kehidupan selalu ada ide untuk solusi di setiap permasalahan. 

Engineer Peradaban

Mengerikan. Itulah kata yang bisa saya katakan saat membaca komik Naruto. Manga Naruto itu tidak sekedar bercerita tentang dunia ninja atau sekedar perang ala ninja saja, tapi tentang rekayasa peradaban. Membuat peradaban baru disaat seseorang membenci dunia yang ada sekarang. Maka segala macam bentuk strategi, konspirasi dan semacamnya disusun untuk membuat dunia baru itu. Persis dengan dunia nyata.

Dan masih banyak lagi pelajaran yang bisa dipetik. Jika tidak percaya, silahkan sampeyan baca sambil minum kopi.

Salam Membaca!

photo by freewallpic.com

 

Advertisements

3 thoughts on “Manga: Tidak Sekedar Hiburan, Banyak Hal Menarik Yang Bisa Dipetik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s