Akibat Kurang Piknik, Dibully di Socmed

 

flo2

Lagi dan lagi. Setelah tempo hari jagad socmed di hebohkan dengan remaja putri yang menghina ibu hamil karena tak mau ngalah kursi keretanya ditumpangi ibu hamil, sekarang kita mendengar remaja setengah tua (soalnya sudah S2) kembali bikin heboh. Tak hanya ibu-ibu hamil yang dia hina, yang dia anggap bego, yang dia anggap tolol tapi seluruh orang Jogja bahkan Sultan-nya sekalipun. Duh Gusti, ono opo iki?

Sering kali kita lupa bahwa dunia socmed adalah termasuk bagian dunia orang lain. Benar kita memiliki akun itu sendiri dan membuatnya sendiri, tapi saat kita melibatkan orang lain (menjadikannya sebagai teman, memfollow kita dst) maka akun kita sudah menjadi milik publik atau setidaknya menjadi tontonan publik.

Kemudian karena itu sudah menjadi milik publik maka aturan main atau etika-nya juga harus sama dengan yang berlaku saat kita berinteraksi secara offline. Diantara tidak boleh ngomong kasar, SARA, berbohong bahkan memfitnah sekalipun. Maka hal-hal yang tidak patut untuk dishare di offline, sejatinya tidak perlu kita mengumbar-umbarnya di online.

Labil. Boleh jadi itu yang dialami oleh saudari Florence. Aktivitas perkuliahan, kondisi sosial maupun tekanan percintaan boleh jadi membuatnya tidak terkontrol, labil dan seenaknya sendiri. Ditambah lagi saat itu sedang panas-panas ngantri BBM yang panjangnya minta ampun. Duh tak terbayang bagaimana perasaannya waktu itu, yang akhirnya berujung pada tindakan bodohnya dengan menyerobot antrian mobil dan ditambah lagi curhatan ‘ngawur’nya di socmed.

Sajake kurang piknik. Itu salah satu komen dari pengguna Twitter hari ini. Tak hanya kata-kata, gambar-gambar bully-an bermunculan bahkan hastag #UsirFlorenceDariJogja sempat jadi trading topic. Dan belum lagi, salah seorang dosen FH UGM tempat dimana mba Flo ini belajar juga ikut mengeluarkan statemennya tentang akan menindak lanjuti apa yang sudah dilakukan salah satu mahasiswinya. Duh kasihan mbak cantik satu ini. Gara-gara kurang piknik, dia mesti mendapat hukuman online maupun offline.

Hikmahnya. Jika netizen merasa galau, labil dan sebagainya perbanyaklah piknik. Cari sesuatu yang baru dan tentunya bermanfaat jangan cuma berani curhat di socmed dengan tanpa menjaga etika. Yang pada akhirnya masalah kita tidak selesai, malah menambah masalah baru.

Salam Internet Sehat.

Gambar Ilustrasi dari sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s