Macam-macam Teh dan Seni Menyeduhnya

Secangkir Teh
Secangkir Teh

Teh tak hanya sekedar minuman, teh sekaligus obat herbal, peningkat setamina dan dibeberapa negara berfungi sebagai pelengkap budaya. Ada banyak macam jenis teh di dunia dan tentunya bagaimana menyeduhnya. Berikut tips menyeduh teh yang baik menurut buku “The Story in A Cup of Tea”.

1. Teh Hijau

Teh hijau adalah teh yang terbuat dari pucuk daun muda sepertilong jing, bi luo chun, secha dan the kuning. Diperlukan satu teko untuk satu jenis teh, selain itu suhu yang digunakan adalah 70-75 derajat celcius. Lama penyeduhan 2-3 menit. Khasiatnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan lemak serta kolesterol.

2. Teh Putih

Jenis teh ini adalah teh yang terbuat dari pucuk daun teh sepertisilver needle dan white peony. Dengan suhu penyeduhan yang sama dengan teh hijau yaitu 70-75 derajat celcius, dan lama penyeduhan sekitar 5–10 menit. Khasiat teh ini mencegah penuaan dini, karena mengandung antioksidan tinggi yang melindungi zat elastisitas wajah yaitu elastin dan kolagen.

3. Teh Hijau Melati

Teh hijau melati seperti Genmaicha dan Shou Mei. Suhu yang digunakan adalah 80-85 derajat celcius, sedikit lebih panas dari teh hijau dan putih. Namun lama penyeduhan hampir sama dengan teh hijau dan putih, sekitar 2-3 menit. Khasiat utama dari teh ini adalah menurunkan lemak badan.

4. Teh Oolong

Teh Oolong sudah banyak kita temui di pasar Indonesia. Namun untuk penyeduhannya bisa dilakukan dengan dua cara, pertama penyeduhan antara suhu air 85-90 derajat celcius selama 3-5 menit. Kedua adalah dengan teknik cold brew sebuah terobosan dari Gaia kafe ini patut dicoba. Cukup menyeduhnya seperti jenis teh Oolong biasa, namun setelah itu didinginkan di dalam lemari pendingin selama empat jam. Setelah itu Anda bisa menikmati tehOolong dengan sensasi berbeda. Jenis teh ini berkhasiat mencegah gigi berlubang.

5. Teh Hitam

Penyeduhan teh hitam memang dilakukan dengan air panas, suhu antara 90-95 derajat celcius. Dilakukan selama 3-5 menit, hampir sama dengan teh Oolong. Khasiat utama teh ini adalah menguatkan tulang kita, lainnya menurunkan tekanan darah tinggi kolesterol. Nah untuk teh yang satu ini, ada teh yang menurut saya paling enak se-dunia, yaitu teh hitam cap Soklat.

Seni menyeduh teh bukan hanya dengan menyeduhnya dengan air panas saja. Proses diatas harus diperhatikan, karena akan berpengaruh teh itu sendiri. Untuk mendapatkan cita rasa nikmat dan aroma menggugah diperlukan cara menyeduh teh yang baik. Selamat Menikmati!

Sumber disini dan disini 

Advertisements

5 thoughts on “Macam-macam Teh dan Seni Menyeduhnya

  1. Salam kenal. Aku juga teh lover. Apa betul ya teh yg terbaik kualitasnya teh putih. Aku belum pernah minum teh putih. Tau nggak tempat jual teh putih di jakarta atau online? dan mudah2 an harganya reasonable. Tq ya.

    • Salam kenal juga Mba Almeta, katanya sih gitu. Soalnya diproses tanpa fermentasi shg kandungan katekin jd lbh tinggi. Saya juga belum pernah nyicip teh putih, jd kurang tau belinya dimana…. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s