Adhitia Sofyan| Membumikan Lagu Anak-anak Bagi Kaum ‘Tua’

adhitiaAdhitia Sofyan, siapa gerangan?

Boleh jadi tidak banyak orang yang mengenal beliau (termasuk saya). Saya sendiri baru mulai mengikuti karya-karyanya belum lama ini (sekitar satu bulan yang lalu) itupun karena tidak sengaja. Berawal dari iseng-iseng mencari short film di Youtube, hingga akhirnya menemukan sebuah clip video dengan back song ‘Di Sini Senang Di Sana Senang’ yang sudah diaransemen ulang olehnya dengan epic dengan balutan petikan gitar akustik. Ya, mas Adhitia memiliki ciri khas tersendiri dalam setiap lagu-lagunya. Petikan gitar berpadu dengan suaranya yang halus mendayu-mendayu terdengar pas dan ngeromantis. Meski begitu, terasa sedikit berbeda jika kita bandingkan dengan gayanya Payung Teduh, meskipun secara genre memiliki kesamaan. Nah berikut adalah beberapa karya beliau dalam meng-aransemen lagu anak-anak yang sangat terkenal beberapa tahun silam.

Lagu ‘Di Sini Senang Di Sana Senang’ adalah lagu favorit saya waktu aktif Pramuka SD dulu. Lagu yang ceria dan mudah dihafal ini tentu sangat terkenal bagi anak-anak pramuka. Lagu anak-anak yang lain hasil aransemen ulang yang tak kalah epic adalah Tik Tik Bunyi Hujan. Jika tidak melihat judul, mungkin kita tidak akan mengira kalau lagu itu adalah lagu anak-anak yang sering diajarkan ibu-ibu kita waktu kecil dulu. Karena Melodi dalam 20 detik pertama, hasil gubahan Mas Adhitia totally different. Terasa  sangat smooth, pelan namun berkelas. Lagu yang awalnya ditujukan untuk anak-anakpun terasa pas untuk diperdengarkan saat akustikan di acara reunian atau acara kumpul-kumpul santai bareng temen-temen kampus.

Terakhir, yang tak kalah unik adalah lagu anak-anak berbahasa Jawa ‘Gundul Gundul Pacul’. Mendengarkan lagu ini, saya teringat akan memori belasan tahun silam. Di saat Bu Hartini meminta anak muridnya untuk maju kedepan dan menyanyikan tembang-tembang Jawa. Maka lagu ini adalah lagu wajib bagi anak-anak bandel serta terbatas dalam hal olah vokal (termasuk saya). Dan kali ini Mas Adhitia benar-benar membumikan lagu ini kembali ke dalam ‘gundul’ saya, yang notabene sudah tak anak-anak lagi.

Masih banyak lagi, lagu-lagu anak-anak hasil gubahannya. Selain lagu anak-anak song writer yang tinggal di Jakarta ini sering meng-cover lagu-lagu dewasa dengan ciri khasnya yang penuh ke-epic-an. Selain itu, mas Adhitia juga sudah banyak menghasilkan karya-karyanya sendiri. Beberapa diantara bahkan menjadi soundtrack Film. Ya, mas Adhitia akhirnya menjadi jawaban tepat akan selera musik saya yang akhir-akhir ini perlahan beralih dari genre Pop-Rock ke Jazz-Acoustic. Terima kasih Mas. Indonesia bangga mempunyai kamu Mas.

Untuk koleksi lainnya silahkan kunjungi blog pribadi mas Adhitia di adhitiasofyan.wordpress.com atau soundcloud.com/adhitiasofyan . Lagu-lagunya boleh diunduh dan dinikmati secara gratis.

Advertisements

One thought on “Adhitia Sofyan| Membumikan Lagu Anak-anak Bagi Kaum ‘Tua’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s