Bunga Sakura Juga Tumbuh di Turki

Bolehlah Jepang mengklaim bahwa bunga sakura itu miliknya dengan dijadikannya bunga nasional. Persis seperti Turki yang mengklaim bahwa Tulip adalah bunga nasionalnya. Namun bukan berarti dua bunga itu hanya tumbuh di negara tersebut.

Bulan April, awal musim seperti ini adalah surganya bagi mata. Cuci mata dengan melihat mewarni bunga adalah hiburan indah bagi mata. Ya, di musim ini berbagai bunga indah bersemi dan mekar. Salah satu bunga itu adalah Sakura yang memiliki nama latin Prunus serrulata atau dalam bahasa inggris disebut cherry blossom juga mulai mekar di awal April sampai akhir. Beda dengan pohon lain, sebelum daun-daunnya bersemi justru pohon sakura berbunga terlebih dahulu. Makanya kita bisa melihat kalau pohon ini lagi berbunga kita hanya melihat bunga merah muda di seluruh pohon tanpa terlihat daunnya sama sekali.

Nah, seperti yang saya bilang tadi. Sakura tidak hanya tumbuh di Jepang, di Turki pun ada. Meski begitu pemerintah kota tidak memberikan perhatian khusus pada tanaman cantik satu ini selain untuk komoditas pertanian (buah). Buktinya di taman-taman utama kota, pemerintah setempat lebih sering menghiasinya dengan warna-warni tulip dan beberapa pohon jenis lain. Hal ini, boleh jadi adalah alasan mengapa tidak ada tradisi hanami di Turki seperti layaknya yang ada di Jepang.

Check it out! bunga sakura yang saya jepret setahun lalu di depan kampus saya. Untuk tahun ini, akan segera saya update karena sekarang bunganya masih malu-malu menatap dunia. Persis, seperti aku saat melihat kamuh iya kamuh 🙂

IMG_20140305_153134 IMG_20140305_153637 IMG_20140305_222313

Catatan: ada yang bilang kalau sakura yang di Jepang (Asia) dengan yang di Eropa ada sedikit perbedaan meski sama-sama berasal dari genus yang sama yaituPrunus. Lebih tepatnya check sendiri di wikipedia atau tanya orang biologi di samping anda. 😀

Advertisements

20 thoughts on “Bunga Sakura Juga Tumbuh di Turki

  1. Bunganya bagus… kecil-kecil tapi mengindahkan. Semoga menjadi pengingat bagi kita bahwa untuk membuat dunia indah, tidak harus menjadi pahlawan yang melakukan hal-hal besar, tapi dengan melakukan hal-hal kecil seperti tidak buang sampah sembarangan saja bisa turut membuat dunia jadi tempat yang lebih indah :)).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s