Sebab Lelah Beramal

Seorang Abdul Wahab Azzam pernah berkata:

Pikiran tak dapat dibatasi, lisan tak dapat dibungkam, anggota tubuh tak dapat diam. Karena itu jika kamu tidak disibukan dengan hal-hal besar maka kamu akan disibukan dengan hal-hal kecil

Ya, beramal adalah tabiat seorang muslim. Waktu yang diberikan kepadanya penuh dengan kegiatan-kegiatan produktif. Tidak membuang-buang waktu adalah cirinya. Meski begitu ada kalanya kita merasa lelah, malas atau bahkan sampai pada titik ingin menyerah. Ketahuilah bahwa ada beberapa sebab mengapa hal itu terjadi.

Sebab utamanya adalah kurangnya informasi atas urgensi beramal. Hal ini menyebabkan kita menjadi hilang orientasi, hilangnya orientasi menyebabkan hilangnya arah, yang mana keduanya akan berakibat mengikisnya motivasi beramal. Sebab lain adalah lemahnya perencanaan dalam setiap amal yang dilakukan. Amal atau kegiatan hendaknya direncanakan sebaik mungkin. Tidak serampangan dan tanpa tujuan yang jelas. Karena hal itu akan memudahkan kita merasa jenuh.

Dan sebab yang terakhir adalah kurangnya silaturahim. Tujuan daripada silaturahim itu tidak sekedar menyambung persaudaraan atau sekedar memperjumpakan kawan lama. Bukan. Lebih dari itu, silaturahim bisa juga menjadi sarana menggali informasi, studi banding dan sekaligus konsultasi atas kualitas. Ya, kita akan bisa menilai sebaik apa amal yang sudah kita lakukan dengan cara melihatnya dengan cara pandang berbeda. Jika hanya pada satu titik saja, jelas itu tidak akan berkembang. Dan segala sesuatu yang sifatnya tidak berkembang, biasa-biasa saja dan monoton, maka akan memiliki kecenderungan kebosanan, merasa jenuh dan berakhir pada lelahnya beramal.

Lantas apa obatnya, pertama perbaharui iman. Setelah itu lakukan hal-hal yang menjadi sebab lemahnya beramal dengan cara sebaliknya. Baliklah sebab-sebab itu menjadi pengobat mujarab.

Dan setelah hal itu, maka lakukanlah satu hal ini, seperti dalam ayat-Nya

Maka apabila kamu telah selesai dari satu urusan maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain” (QS. Al-Insyirah:7)

Jangan pernah lelah! Tetap Semangat! ^_^

Advertisements

7 thoughts on “Sebab Lelah Beramal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s