Eureka!

Eureka!

Yeah, akhirnya setelah sekian minggu stagnated, alhamdulillah algoritma baru untuk thesis saya berhasil.

‘Eureka!’ teriakku spontan, tak sadar kalau lagi di dalam lab. Temen lab saya sampai keheranan.

‘Ne oldu?’ tanyanya. ~ ‘ada apa?’

‘hehe…pardon’. ~’hehe… maaf’

gambar dari www.tnooz.com

Yeah, akhirnya kalkulasi untuk thesis saya dengan skema alogoritma yang baru bisa saya teruskan. Asal kalian tahu, beberapa bulan yang lalu salah satu professor saya meminta saya untuk mengubah beberapa parameter dalam project thesis saya. Professor yang notabene hanya menjadi co-advisor (pembimbing 2) itu meminta dua parameter yang awalnya fixed (karena berbasis data lapangan) diubah menjadi changed parameter. Padahal dari awal, saya dan advisor saya sudah sepakat dengan dua parameter itu. Nah, karena advisor saya juga terpengaruh dengan ‘bujuk rayu’ akhirnya meminta saya untuk mengubahnya.

Implikasinya sangatlah jelas, pertama saya harus membuat algoritma baru yang artinya akan memakan waktu yang lebih lama dan yang kedua adalah hasil kalkulasi sebelumnya hampir tidak terpakai lagi, yang mana kondisi ini berakibat pada perhitungan-perhitungan selanjutnya termasuk dalam hal economical analysis. Dan yang paling fatal adalah saya harus menambah waktu untuk lulus, padahal kalau tidak ada perubahan saya seharunya sudah lulus bulan Maret kemarin.

Ya, awalnya project saya lumayan ‘simple’. Di mana, ada salah satu oil company di Turki meminta bantuan kampus saya untuk membuatkan sebuah feasibility study tentang salah satu well-nya untuk keperluan pembangkitan tenaga listrik. Awalnya ‘sumur’ itu dibor untuk diambil minyaknya, namun hingga kedalaman 2400 meter emas hitam yang dinanti-nanti tidak kunjung keluar. Di sisi lain, ‘sumur’ itu di dasarnya memiliki heat yang cukup panas, namun dengan kondisi no motion fluids. Yang artinya, jika dimanfaatkan untuk pembangkitan tenaga listrik, tidak mungkin menggunakan teknologi konvensional, maka pilihannya harus menggunakan teknologi EGS yang mana sampe hari ini baru ada 2 yang berhasil dibangun di seluruh dunia. Untuk Turki sendiri, baru kali ini ada penelitian teknologi EGS untuk pembangkitan listrik.

Nah, di sini kami diminta untuk membuatkan design sebuah EGS termasuk juga perhitungan ekonominya. Setelah beberapa bulan penelitian dan keluar hasilnya yang cukup memuaskan, tiba-tiba (entah dapat ilham dari mana) ibu co-advisor meminta mengubah parameter. Dengan alasan, agar penelitian saya ini nantinya bisa di manfaatkan oleh siapapun dan dimanapun, tidak spesifik pada kondisi ‘sumur’ di Turki saja.

‘termasuk untuk diterapkan negaramu, Indonesia’ ujarnya, berusaha menyakinkan.

Bagus sih tujuannya, tapi praktiknya itu yang susah. Dan alhamdulillah, hari ini saya berhasil membuat algoritma yang baru dan berhasil di running tanpa ada error.

Dalam riset, coba-coba dan teliti adalah kuncinya. Seorang periset itu, jangan pernah takut untuk mencoba. Memang kadang muncul rasa bosan, karena setelah sekian ratus running  hasilnya masih saja error belum lagi ada beberapa program yang membutuhkan sampai berjam-jam untuk sekali run, namun di saat berhasil muncul rasa kepuasaan tersendiri. Itulah nikmatnya, keberhasilan.

‘Eureka!’

~Eureka adalah kata yang diucapkan sang Archimedes saat ia mandi menemukan hukum berat suatu benda melalui air yang tumpah saat ia sedang berendam, yang hari ini terkenal dengan nama hukum Archimedes. Eureka sendiri adalah bahasa Yunani yang berarti ‘aku telah menemukannya’.

6 thoughts on “Eureka!

  1. Wiih selamat ya mas, semoga dilancarkan dan dimudahkan sampai sidang thesisnya, sampai kelulusannya. aamiin *ehh di sana pakai acara ‘sidang’ gitu juga ga sih 😀

  2. Wow, hebat sekali. Meskipun kata Mas ini simpel tapi bagi saya yang cetek ini itu sudah ilmu dewa banget, Mas :hehe. Genius sekali Mas idenya :hehe.
    Semoga berhasil dengan thesisnya, Mas, semoga dilancarkan, saya yakin Mas pasti bisa! Semoga idenya juga bisa diterapkan di negeri ini, jadi pengelolaan energi yang berlimpah banyaknya di negara kita ini bisa lebih baik lagi :)).

Leave a Reply

