Mantai ke Çesme

PB12

Pantai Ilica foto dari sini termessos.com.tr

Sebuah puisi yang sempat saya singgung ditulisan sebelumnya mengatakan;

kenapa tak goyangkan saja loncengnya
biar terdera
atau aku harus lari ke hutan
belok ke pantai…?

Lantas, pilih mana hutan atau pantai?

Adalah sebuah pilihan sulit, jika diharuskan memilih. Karena diantara keduanya terdapat obat bagi mereka yang merasa penat, bosan, sepi dan dirumbung kesunyian.

Pantai adalah tempat yang paling ditunggu-tunggu paling tidak selama 8 bulan (bisa lebih) bagi negara-negara empat musim. Sedangkan, mantai adalah kata kerja yang rekreatif, menyenangkan dan tentu menyehatkan, lagi murah meriah. Tak perlu modal banyak untuk melakukan aktivitas yang satu ini. Kalian bisa main voli, bal-balan, renang-renangan (bagi yang ndak bisa renang) hingga sekedar menemani anak main istana pasir.

Beruntunglah bagi kita yang hidup di negara tropis, bisa menikmati hangatnya air laut sepanjang tahun. Namun, bagi negara-negara dengan empat musim, mereka harus menunggu musim summer untuk menikmati rasanya mantai.

Turki, termasuk negara yang dianugerahi beragam pantai-pantai yang indah. Waktu efektif mantai di sini juga relatif lama, dari awal Juni hingga akhir September. Penikmat pantai-pantai disini, selain OT juga turis-turis Eropa yang susah mendapat akses air laut hangat dan pasir yang halus di negaranya. Turis Asia? hampir dikatakan jarang, kayaknya mereka lebih menyukai pantai-pantai di Asia Tenggara.

PB10

Menghitung duit angkot (tarif Urla-Cesme 7 Lira)

Dan Çesme adalah salah satu kawasan pantai yang cukup terkenal. Letaknya hanya sekitar 20 menit dari kampus saya (Urla), atau 1.5 jam dari pusat kota Izmir. Di sini, kita bisa memilih pantai berdasar peruntukkannya, dari yang berombak besar (untuk surfing), atau yang berombak sedang-rendah (sekedar berenang).

PB11

Hore sampai!

_DSC0634

Begaya ala pahlawan bertopeng (maklum abg)

Nah, berhubung saya tidak bisa surfing ya udah, akhirnya saya memilih ke pantai dengan ombak yang sedang-rendah. Pantai İlica namanya. Kawasan pantai ini dikelola dengan cukup baik. Lahan parkir, hotel berbintang, hingga sarana transportasi umum tersedia. Bahkan, terdapat terminal yang langsung menghubungkan ke tiga kota utama (Istanbul, Ankara, dan tentu saja Izmir).

Pantai İlica menawarkan sebuah pantai yang landai dengan pasir putih yang lembut. Jika kita berjalan 100-150 meter ke tengah, kedalaman air masih sebatas leher orang dewasa. Tingkat kadar garam di pantai ini juga tidak terlalu tinggi, jadi tidak terlalu pedih meskipun tidak memakai kacamata.

PB9

Main voli (tapi bayar hiks)

PB8

Terakhir main voli pas SMP, ternyata masih bisa serving atas

PB6

Bisa juga main futsal pasir aka bal-balan

PB4

Atau sekedar main mobil-mobilan

PB3

Begaya ala baywatch juga boleh

Di pantai ini, selain renang kita juga bisa main voli (tapi bayar), naik jetski (lagi-lagi bayar), futsal pasir, atau sekedar merenung dalam diam sambil berpikir kapan jomblo ini akan segera berakhir. Bagi yang tak tahan panas atau takut gosong bisa sewa payung dengan tarif 20 Lira (Rp. 120k), untuk jet ski tarif sejamnya $100.

PB2

Gaya bebas setelah mantai

Oya, mantai di musim summer begini sangat efektif untuk program penggelapan kulit. Kulit kuning langsat saya yang saya eman-eman selama winter kemarin mendadak berubah eksotik selepas mantai kurang lebih hanya tiga jam.

PB5

Pantai masih sepi, karena kami jam 8.30 sudah sampai di TKP

Tips: untuk menghindari banyaknya ‘pemandangan’ baiknya kalian mantai mulai dari pagi hari hingga menjelang dhuhur, karena pada jam-jam tersebut OT dan turis-turis bule lainnya masih pada tidur, jadi pantai relatif sepi. Yah, meskipun Turki ini 99% warganya (ngaku) muslim, tapi tidak ada istilanya pantai syariah (perempuan-laki terpisah) di sini. Jadi demi menghindari ‘pemandangan’ (yang dinginkan) baiknya datang pagi-pagi.

PB7

Lalu Dik, kapan saatnya kita mengisi sepasang kursi kosong itu?
….
Iya, berdua saja. Aku dan kamu. 😀

Advertisements

20 thoughts on “Mantai ke Çesme

  1. Temen Rusia gw cerita kalo mau ke Pantai mereka pada pergi ke Turki. Katanya relatif murah dan dekat. Sekitar 2 jam dari Moskow ke Ankara. Kl yg punya duit baru deh ke pantai di eropa barat.

  2. Kayaknya ini contoh pantai yang dikelola dengan baik tapi tetap bisa didatangi masyarakat umum dan tidak diprivatisasi oleh hotel :)). Bagus sekali. Apalagi pantainya bersih… banget :wow. Keren.
    Ada nuansa yang berbeda antara pantai di kawasan Asia Barat itu dengan pantai di negara kita. Seperti ada angin dingin yang berembus di tengah teriknya matahari, kalau saya mengasosiasikan pantai Asia Barat. Sedangkan untuk pantai di Indonesia… panas… banget. Panas dan anginnya juga panas. Panas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s