Menambah Katagori : Kekancan

Di pembuka hari pekanan ini tercetus sebuah ide untuk menambah sebuah katagori tulisan di blog, Kekancan.

Saya menyadari, meskipun blog ini adalah sebuah blog personal, catatan pribadi serta kanvas putih ide-ide yang berasal dari kepala saya sendiri, namun terlalu banyak bercerita tentang diri sendiri nampaknya menjebak kita dalam pola narsistik yang jika tidak dikelola dengan baik akan menjadi gejala awal fasisme pemikiran. Merasa paling benar, bertingkah pembenaran lalu kemudian memaksakan kehendak. Ngeri bukan?

Saya ingin blog ini bukan lagi one man show. Karena saya menyadari, di luar temperung kepala saya ini masih ada tempurung-tempurung yang lebih besar, dengan isi-isi yang lebih banyak, dengan konten-konten yang lebih berhikmah.

Kekancan, adalah relung untuk mereka-mereka yang saya kenal secara pribadi. Mereka adalah manusia, karena selain dengan manusia saya juga berkawan dengan ide imaginer dan kucing. Mereka adalah yang tidak sekedar hubungan yang terbatas oleh bilangan waktu; tahunan, bulanan ataupun harian. Namun, mereka-mereka yang sudah pernah berinteraksi meski sebentar itu sudah saya anggap kawan –kanca.

Kekancan semacam wadah inspirasi dari mereka yang pernah memberi bekas, mewarnai perkembangan karakter ataupun difusi pelajaran hidup nan berharga. Tidak selalu berisi tentang hal-hal serius, hal yang lebih sederhana mungkin akan dituliskan di sini.

Contoh tulisan yang semestinya masuk ke Kekancan, seperti kisah Ijal dan Zaki. Ijal yang periang nan baik hati dan Zaki sang pemberani, nikah dini meski belum sempat mulai skripsi. Atau kisah tentang Shadeq, sahabat dari Yaman yang selalu mengajak diskusi tentang segala hal. Atau tentang Hamdullah, roomate dari Syiah Afghani yang pembenci kucing tapi rajin mandi.

Dan satu lagi. Kekancan, tak akan berisi kisah tentang kamu, teman hidup. Untuk ini, nanti kita bareng-bareng bikin katagori sendiri atau kalo perlu bikin blog untuk kita sendiri, menuliskan perjalanan, kisah-kisah lucu dan hal-hal yang mungkin layak dikenang. Nanti.

Selamat datang di dunia Kekancan.

*) Kekancan = pertemanan dalam bahasa Jawa.

Leave a Reply

