Pijakan | Pelajaran Hidup No. 10

Seyogyanya, jika kau seorang anak, dengan bekal kemandirianmu, dengan tingginya sekolahmu, maka nasehat orang tuamu adalah tanah gembur tempat kau berpijak. Tak sekedar berpijak, nasehat mereka yang beribu jumlahnya itu adalah tempat kau mengakar, kemudian tumbuh dan besar hingga sekarang.

Jika kau adalah seorang suami. Kehebatanmu, kecerdasanmu, dan kegagahanmu di luar sana, tak akan berguna jika kau lupa caranya berpijak. Janji setiamu kepada seorang wanita, yang kini jadi istrimu adalah pondasi, tempat di mana tiang-tiang mimpi sebuah rumah tangga berpijak. Tanpanya, mimpi-mimpi bersama yang kau bangun, atap-atap yang kau susun akan runtuh bersama pondasimu yang kian rapuh.

Bila kau kini menjelma menjadi seorang ayah, dengan segudang pengalaman hidup yang kau dapat, seabrek amanah yang kau emban, dan sebanyak apapun prestasi yang kau raih, maka keluguan wajah anak-anakmu di rumah, sejatinya adalah tiang jemuran tempat kau berpijak. Dengan mengingat mereka, lantas kau tak kan lupa arah. Dengan kasih sayang pada mereka, kelak harapanmu akan kau gantungkan bila hari tua telah tiba.

Dan bila kau seorang pemuda yang haus akan ilmu. Pengetahuanmu yang luas, ilmu yang hebat, hafalanmu yang kuat, akan sia-sia jika lagi-lagi kau lupa tempat berpijak. Sebab, firman Tuhanmu dan sunnah Nabimu, sejatinya tempat segalanya kau mesti berpijak. Jika pijakanmu kuat, setinggi apapun kau ingin, sejauh apa kau melangkah, maka Tuhan akan mudah mengijabah.

Maka, berpijaklah.

Karena seekor burung yang mempunyai kemampuan terbang jauh lagi tinggi, adakalanya ia butuh sebatang dahan sebagai tempat berpijak. Apalagi, hatimu. Yang jelas-jelas tak bersayap.

Maka, berpijaklah.

ranting

gambar dari sini

Advertisements

13 thoughts on “Pijakan | Pelajaran Hidup No. 10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s