Surat Terbuka Untuk Ridwan Kamil

Dear Kang Emil,

Bila ditanya siapa pemimpin hari ini yang paling berpengaruh? maka dengan mudah saya menjawab; Anda -Ridwan Kamil. Rakyat Anda semua pasti setuju. Bahkan, makhluk beda spesies sekalipun akan mengangguk tanda setuju.

Tapi,

Dibalik sosok Anda yang gaul, komunikatif dengan warga Anda, serta cerdas dalam inovasi, nampaknya Anda hanyalah manusia biasa. Tetap tergoda oleh rayuan wanita tahta. Ini bukan hal baru memang, banyak pejabat negeri ini dan bahkan penguasa-penguasa di belahan dunia lainnya melakukan hal serupa.

Saya amati. Sudah sejak tahun pertama menjabat walikota, Anda terus menerus ‘digoda’ tahta, digadang sebagai penguasa baru di tanah Jakarta. Ada yang bilang, sosok Anda lebih layak memimpin ibu kota ketimbang gubernur yang sering ‘marah-marah’ itu.

Dan apa kira reaksi, Anda Kang Emil?

Fifty-fifty. Artinya; bisa iya, bisa tidak. Labil. Galau. Meskipun diujungnya, Anda selalu berdalih; belum ada arahnya ke mana. Tapi dari jawaban itu; terbesit dari hati Anda yang paling dalam, sebenarnya anda cukup tergoda.

Benar, jabatan walikota, gubernur, hingga presiden sekalipun, sejatinya jabatan politik. Yang bisa didapatkan dari proses dan pertimbangan politis.

Tapi,

Masalah rakyat, dalam hal ini adalah warga Bandung, sesungguhnya adalah masalah real, yang tidak akan pernah selesai, jika sekedar timbang-menimbang urusan politik.

Masalah transportasi, kebersihan, banjir, warga miskin kota, hingga reformasi birokrasi sejatinya adalah beberapa dari ratusan bahkan ribuan masalah khas kota yang perlu segera sang walikota benahi.

Ya, seperti yang semua Kang Emil janji dihadapan kitab suci 2-3 tahun yang lalu. Masih ingatkan?

Masalah warga Bandung, hanya bisa diselesaikan dengan menuntaskan kinerja, merealisasikan rencana, dan serta menggapai semua mimpi bersama warga kota Anda yang begitu bangga pada kotanya.

Jadi kang Emil,

Kuatkan hatimu, amanahlah kerjamu.
Jangan Anda tergoda bujuk rayu, buktikan bahwa Bandung memang layak Juara.

Urusan kota lain, serahkan kepada orang-orang baik, yang saya yakin banyak di luar sana.
Masalah naik tangga tahta, pasti akan ada waktunya buat Anda.

Jangan labil. Udah enggak jomblo kok masih suka galau. Entar yang jomblo kebagian apa? *eh

Salam dari saya;
(bukan) warga Bandung.

Advertisements

46 thoughts on “Surat Terbuka Untuk Ridwan Kamil

  1. Gapapa dong mas kang emil di jakarta huahahaha. Engga si. Harusnya ga kegoda. Tapi as jakarta citizen, saya ngarep dipimpin kang emil hiahahaha. Meskipun nanti ditinggal lagi kaya bdg, yang penting ngerasain sebentaaar aja huakakak.

  2. Sampai saat ini sih beliau masih bilang enggak dan masih mau menata Bandung sesuai janji nya. Begitu pula istri nya yang gak mendukung untuk jadi gubernur dan sebagainya.

    Semoga aja begitu yaaaa. Aamiin.

    Kang Emil, please baca surat iniiii pleaseeee~

  3. Ahaha. Jangan jadi kaya sebelah itu yg loncat2 sebelum selesai amanah yaa 🙈.. Saya juga ga setuju meski tinggal di Jakarta. Beresin sampe tuntas habis masa jabatan dulu aja deh, biar makin keliatan gitu bukti nyatanya buat warga2nya dulu 😀

  4. Sebagai warga Bandung, aku setuju banget Kang Emil selalu jadi walikota Bandung tercinta ini. Iya bener kata Kak Fasya, sejauh ini beliau gak mau jadi apapun selain walikota Bandung. Kang Emil gak boleh tergoda, lebih enakan di Bandung lagian, gak panas. Pasti Kang Emil pun betah /apaan. :))

    • Kabar terbaru, katanya masih 50:50. Kan itu artinya galau, udah ‘taken’ kok masih galau. Kalau orang yang sudah nikah aja sok ambil galau, entar jomblowan/wati di dunia kebagian apa?!. *ehinigimana 😀

    • Wah makasih banyak mbak, tweet yang banyak mbak. Kalo perlu besok pagi-pagi lagi. *ngelunjak
      Biar beliau denger, aspirasi blogger jomblo partikelir ini. Demi tegaknya keadilan di dunia, eh maksudnya demi warga Bandung yang aman sentosa. 😀

  5. baru baca surat terbukanya, terlambat sih, tapi ya nggak papa (mama). alhamdulillah keputusan kang emil sesuai harapan (mungkin) hampir semua orang. ngakak banget baca kalimat penutupnya wkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s