Militer Turki Kudeta Erdogan [?]

It’s happening now!

Sebuah kelompok dari militer Turkey melakukan kudeta terhadap pemerintahan Erdogan. Pejabat senior di militer kemungkinan besar ditawan, termasuk sang panglima militernya.

Kelompok tersebut melakukan blokade pada jembatan di atas selat Bosphorus sebagai penghubung menuju dan keluar Istanbul. Ditambah jet-jet militer terbang rendah di kota Ankara.

Media pemerintah mendadak berhenti siaran, termasuk dalam hal ini beberapa media social utama yakni Facebook dan Twitter tidak bisa diakses.

Erdogan menyebut kelompok tersebut bagian dari parallel state (baca: kelompok Hizmet pimpinan Fatullah Gullen) yang beberapa waktu belakang ini menjadi konsen pemerintah Turki untuk diperangi. Jika itu benar, itu berarti mereka tengah melakukan serangan balik.

Meskipun di satu sisi dua tahun belakang (sejak kemenangan partainya di pemilu kemarin), perlahan Recep Tayyip Erdogan (nama lengkap Erdogan) berbuah menjadi Recep Tayyip Arogan. Termasuk yang menjadi arogansinya adalah penutupan media-media yang kritis kepadanya juga rencana Erdogan untuk mengubah sistem pemerintahan dari parlementer menjadi presidensial, yang mana ide ini ditentang oleh sekutu terdekatnya Ahmed Davutloglu (PM Turki sebelumnya) yang mengundurkan diri dari kursi perdana menteri beberapa waktu lalu.

Lantas, bagaimana selanjutnya?

Let’s wait and see. Masih terlalu dini untuk menyimpulkan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Tapi akan ada kemungkinan.

Erdogan is still in power = kudeta gagal.

Kudeta berhasil = selain Erdogan turun, ada kemungkinan konstitusi berubah.

Perubahan konstitusi inilah yang paling mengkhawatirkan, karena ada kemungkinan Turki akan kembali menjadi negara super sekuler seperti pada tahun-tahun sebelum 2000-an. Secara militer adalah pemegang kunci sekuler Turki, meskipun 13 tahun kebelakang sudah mengalami banyak reformasi.

Apakah akan terjadi chaos (seperti yang terjadi di beberapa negara Timur Tengah) ?

Melihat tabiat Turki yang sudah ‘berpengalaman’ beberapa kali terjadi kudeta militer sepertinya hal itu tidak akan terjadi. Kecuali, jika dua kubu memantik kekerasan fisik.

Tapi,

Mari kita tunggu apa yang terjadi ke depan. Untuk saat ini, cukup;

Mohon doanya yang terbaik, khususnya untuk rakyat Turki dan seluruh WNI yang ada di Turki.

 

Sebuah catatan singkat yang ditulis dengan perasaan yang ketir-ketir.

Turki, 16.07.2016 1:17 am.

 

1219 (1)

Blokade militer di jembatan Bosphorus Istanbul (gambar dari guardian.co.uk)

 

 

 

Advertisements

75 thoughts on “Militer Turki Kudeta Erdogan [?]

  1. Insya Allah makar mereka gagal. Jika memang kudeta ini berhasil tentunya kerugian besar bagi umat Islam dan saudara kita di Palestina khususnya yang tidak ada negara kuat pendukung di sekitarnya. Ujian buat umat Islam. Turkey yang pemimpinnya skrg dicintai mayoritas rakyatnya, Insya Allah bisa lulus dari ujian ini.

      • Yups. evaluasi itu penting. pastinya setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. Tinggal mana yang lebih menonjol. yang kudeta juga sudah mempertimbangkan kemungkinan dukungan international seperti AS, walaupun dalam perkembangannya tidak seperti di Mesir. statemen Obama kali ini jelas tanpa multitafsir.

      • Iya, Alhamdulillah dukungan internasional masih tetap ke pemerintahan yang dipilih secara sah. Selain itu, kemarin malam rakyat Turki menunjukan bahwa mereka masih waras dengan menolak aksi kudeta tersebut. Berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di Mesir, ketika rakyatnya terbelah… bahkan termasuk yang mendukung kudeta adalah dari partai An-Nur dari kalangan Islamis 😦

  2. Hendaknya hal ini membuat Erdogan untuk tidak arogan.
    Kudeta tidak perlu berdarah-darah, seperti Thailand yang menganggap kudeta sebagai salah satu cara untuk mengganti pemimpin.
    Semoga prahara cepat berlalu.

  3. Semoga situasinya segera membaik mas… walaupun saya sendiri bingung sebenarnya apa yg membuat konflik ini terjadi… perlu baca banyak beritanya lg… tp terlepas dr itu semua semoga semuanya akan kembali membaik dan semuanya bisa beraktivitas normal seperti semula. Amin

  4. semoga semua kembali kondusif. terlebih untuk WNI di sna selalu dalam perlindungan dan yang sya dengar kudeta militer sudah di gagalkan. IshaAllah semua baik2 aja ya Mas … aamiin..

  5. Iyaa tiba tibe timeline dan newsfeed langsung penuh perihal ini mas Parman..

    Semoga situasinya cepat kondusif lagi, dan keselamatan teman2n terjamin aamiin 🙏

  6. Betul. Perkembangannya menarik diikuti dari jauh. Banyak sekali pertanyaan yg belum terjawab. Sejauh ini dilaporkan bahwa kudeta telah secara resmi dinyatakan gagal, dan blm ada laporan WNI di sana jadi korban

  7. ‘gebrakan’ Erdogan sejauh ini sangat ‘membanggakan’ muslim. (terlepas dr kekurangan dia kalo dia jadi arogan). Pantes kalo dia ditarget untuk ‘diganti’. *itu menurutku aja sih. :E

      • Nah, kan, orang lama berkuasa cendrung untuk corrupt dalam bentuk apapun. Premis lama memegang kekuasaan berusaha mempertahankan kekuasaan. Makanya kekuasaan perlu dibatasi. Beruntung di Indonesia memegang kekuasaan eksekutif dibatasi sampai dua periode. Harusnya anggota legislatif cuma boleh dua periode juga.

      • Itu semacam sifat alami manusia pak. Di Turki sendiri sebenarnya juga dibatasi, cuma sampe 3 masa periode. Tapi, erdogan ingin mengubah sistem negara untuk bisa lebih lama berkuasa lagi. Karena posisinya sekarang kurang begitu kuat.

  8. Ketika baca berita tentang Turki langsung inget mas Parmanto dan wni disana. Semoga selalu dalam lindungan Allah ya Mas, Aamiin YRA

  9. hot news sepagi ini…
    sampai ke ‘desa’ jenengan juga Mas?? kirain ontran2nya cuma di ibukotanya aja..

    kalo boleh tau, rakyat Turki langsung turun ke jalan begitu mendengar seruan Erdogan untuk menghentikan kudeta itu karena rakyat Turki benar2 cinta sama pemimpinnya atau karena mereka tak mau kembali ke kekuasaan militer?? dari dulu penasaran, sebegitu hebatkah Erdogan..??

    “Allah tidak akan meninggalkan kalian karena kalianlah yg telah menyambut yg lemah (pengungsi Suriah).” itu kata Yusuf Qardawi

    Doa terbaik dan salam untuk warga Turki dan seluruh WNI yang ada disana…

    • Wahaha desa saya aman2 aja, tengah malam kemarin masjid seluruh turki pada adzan, masjid terdekat dg kampus saya kayaknya adem2 aja (gak denger soalnya). Tapi, hampir disetiap kota, rakyat pada turun ke jalan. Termasuk malam nanti (soalnya saya dapat sms ajakan dr pemerintah setempat).
      Nah, kl rakyat bergerak karena faktor Erdogan kayaknya tidak. Soalnya, meski dia banyak yang suka tp disaat yang dia cukup kontroversial disini. Apalagi, kali ini semua partai oposisi menyatakan dukungan ke pemerintah alias anti-kudeta.

      • Hem..sudah diduga.tempatmu kan masuk pelosok ya Mas..knp msh hrs turun lg ke jalan? Bukannya kondisi udah tenang ya?

        Teng tong…dapet jawaban lgs dr yg tahu kondisi sana..soalnya media sini tkadang begitu membesarkan hebatnya Erdogan..jadi terkesan subyektif..

      • Mungkin semacam konsolidasi gitu mbak, lagiankan malam minggu (besok libur) ketimbang ngelamun rakyatnya, pemerintah ngajakin aksi 😀

        Tapi wallahualam mbak, boleh jadi pengamatan sya yang subjektif. Meskipun saya punya beberapa temen dari berbagai kubu, tapi tetep mereka bukan kaum elit yang bermain di negeri ini. Jadi, opini saya boleh jadi berbeda dg aselinya.

      • Haha..sak karepmu wis Mas..pemerintahe pangerten iku berarti 😀

        Thanks infonya Mas..beruntunglah bisa jadi saksi sejarah dunia..hayahh..

  10. Dari sebaran berita di facebook, nama Erdogan yang saya tau begitu dielu-elukan karena kharisma dan keislamannya yang kuat. Sedikit tidak menyangka saja terjadinya peristiwa ini. Apalagi dengan turut adanya perpecahan suara di masyarakat (?)
    Semoga keadaan mas aman2 saja sampai semua selesai… update trus mas

  11. Semoga tetap diberikan lindungan keselamatan oleh Allah swt ya mas. Dan tetap kabari kami via blog tentang perkembangannya, karena berita dari sampeyan bisa menjadi sumber berita yang berimbang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s