Sahur dan Kritikan Ibu

Alhamdulillah untuk kesempatan hidup hingga detik ini.

Kembali (InsyaAllah) menjalani ibadah puasa di tanah air, yang relatif lebih mudah. Baik itu rentang waktu dan lain-lain. Kalian yang kemarin sudah dan akan berpuasa hari ini, semoga puasanya lancar dan berkah.

Malam selepas Isya’

“Pak nderek puasa mboten enjing?”

“Iyo, melu”

Kemudian, menjelang tidur saya set alarm di hape. Lalu, terlelap.

Pukul 03.15

Kaget, setelah melihat jam sudah menujukan pukul tersebut. Artinya, tinggal kurang lebih 45 menit lagi. Padahal, masih banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Kemudian, saya menuju kamar Bapak untuk membangunkan beliau. Setelah beliau bangun, lantas kami bagi tugas. Bapak bikin teh, saya masak sop.

Pukul 03.19

Ditengah kekhawatiran kalau-kalau masakkan belum siap sebelum adzan, saya menyiapkan bahan-bahan untuk sop. Bawang, wortel, bakso, dan jamur. Udah.

Sreng minyak dan bawang putih, guyur air, masukkin bahan, tambahin merica dan garam. 10 menit jadi.

Pukul 03.30

Sop jadi, teh bikinan bapak siap, termasuk tempe mendoan sisa semalam yang dihangatin lagi. Kami mulai bersantap sahur.

“Mbokmu, ora thok gugah?”

“Lha napa, ajeng ndherek poso?”

“Iyo, biasane yen poso yo melu”

Saat bangunin Bapak tadi, Ibuk sengaja tidak saya bangunkan. Saya pikir, fisiknya belum siap setelah sabtu kemarin habis control kesehatan dan obatnya pun belum habis.

Pukul 03.41

“Kok, leh nggugah telat”

Komplain Ibuk saya, gara-gara telat dibangunkan. Saya cuma sanggup nyengir.

“Masak opo?”

“Sop” jawab saya.

Pukul 03.45

“Iki opo, sop kok ora nganggo ayam”

Iya, saya sengaja tidak pakai ayam karena takut matangnya lama. Konsekuensinya, kuah sop kurang mengkaldu. Meskipun, sudah saya tambahkan kaldu ayam kemasan ternyata hasilnya masih kurang greget.

“Ora nganggo seledri?”

Saya kembali nyengir. Lupa. Sesuap kemudian.

“Ora nganggo kubis?”

Nyengir lagi. Sesuap lagi.

“Rasane gur asin, ora ditambahi merica?”

“Kulo tambahi, ngagem merica bungkusan niko”

Sop ala-ala itu memang rasa mericanya kurang terasa, padahal hampir habis sebungkus. Biasanya, ibuk pake merica yang masih utuh. Alesannya pedesnya lebih otentik.

Sesuap kemudian.

“ORA ENAK”

Modyaar. Akhirnya senjata pamungkasnya keluar.

Ibuk memang biasa blak-blakan kalo mengkritik masakan. Kalau, gak enak ya bilang apa adanya. Tidak seperti bapak, diem saja saat makan tadi. Cuma beralasan, malas makan kalau habis tidur, makanya tidak habis. Dan baru ikut komentar, setelah ibuk menyebut dua kata pamungkas itu.

Saya yang lagi nyeruput teh. Hanya mampu berpledoi.

“Masakkan bujang nggih ngoten niku. Hambar. Haha” sambil ketawa menahan sakit.

Pukul 03.57

Adzan Shubuh pun berkumandang. Drama sahur di pagi hari pun ikut berakhir.

***

Kamu, sahur apa tadi pagi?

Masakkan boleh hambar, tapi kehidupanmu jangan. Yuk, mari berbagi rasa. *halah*

Berkah puasanya! 🙂

Advertisements

55 thoughts on “Sahur dan Kritikan Ibu

  1. Alhamdulillah mboten saur. Nembe pikantuk ‘cuti’ hehe…

    Ntar disiapin malamnya mas, biar kalau agak telat ndak keponthalan plus kemrungsung. Jadi masih ada waktu buat nguleg bumbu dan icip2…

    Tapi apa Masakan bujangan selalu hambar? Hehe… Semoga cepet ketemu ‘koki’ handal sekaligus halal nggih mas…

  2. hahaha JLEB banget yaaa, ora enak!! 😀
    tapi aku salut lho sama yang masih sempet masak buat sahur, aku mah boro2 masak….makan aja males banget, lebih sering sahur cuma makan buah atau minum jus

  3. Ibuk :’)
    Baca flash-post (suka-suka saya nyebutnya apa hahaha *plak) jadi bermuhasabah; kayak gitu ya rasanya ngadepin tipe orang seperti ibuk; seperti itu rasanya orang-orang ngadepin saya (di dunia nyata) hahhaa *plok

  4. pukul 3.50
    ngranggeh botol air putih yang tinggal seuprit. minum. balik tidur lagi.

    si Ibuk golongan frontal ini..ekekeke..
    mending si emak..paling bilang keasinen doang 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s