Rondo Royal: Double Manisnya

Janda (bahasa Jawa: rondo) menurut KBBI adalah wanita yang tidak bersuami lagi karena bercerai ataupun karena ditinggal mati suaminya. Sementara dalam tataran sosial masyarakat, janda (pun juga duda) dipandang sebagai produk gagal sebuah perkawinan. Dalam arti, status seperti ini bukanlah tujuan (bahkan tak dipikirkan sama sekali) antara dua manusia yang sebelumnya sepakat untuk hidup-mati bersama dalam ikatan yang sah.

Meskipun dikatakan sebagai ‘produk gagal’, bukan berarti janda tidak memiliki daya tarik. Buktinya adalah Joko (sebut saja begitu) tetangga saya beda RT. Pemuda desa yang gagah, cukup ganteng, dan tentu saja tidak bermasalah ketika berinteraksi dengan kaum hawa. Tipikal playboy kampung yang cukup bermodalkan motor tunggangan.

Karena di luar sana, banyak pemuda yang menawan, rupawan, mapan (dan tentu saja jomblo), namun tidak memiliki cukup keberanian untung nembung duluan. Jangankan sampai nembung, mau balas sms “Apa kabar?” mikirnya sampai planet Pluto bolak-balik. Padahal koreksi terakhir, Planet Pluto itu tidak ada. Dengan kata lain, jenis makhluk satu ini mendadak hilang akal ketika ada jenis makhluk bernama wanita mulai mendekatinya. Hingga berkorelasi seperti ini.

Hilang akal => gemetar => gugupan (bahkan ada yang pingsan) => dicampakkan (versi yang lebih sadis: dimanfatkan dulu) => jomblo seterusnya.

Kembali ke Joko, singkat cerita dia ini bukan tipe makhluk yang dunianya sepi dengan wanita. Akan tetapi, pada petualangannya yang terakhir justru ia memilih untuk menepi dan berlabuh di tangan seorang janda. Bukan janda sembarangan, melainkan janda ber-cucu satu. Yak, saya tidak salah tulis. Janda bercucu satu.

Apapun pertimbangan Joko atas keputusannya, ini bukti bahwa status janda bukanlah halangan untuk menemukan jodohnya kembali. Anda cukup manis, untuk kembali dirubung oleh pria-pria kesepian yang sama-sama berikhtiar melengkapi separuh hatinya. Jadi tidak perlu khawatir. Apalagi, anda orangnya cukup royal maka daya tariknya akan berlipat-lipat alias manisnya double.

jomblo-kamu-ditunggu-98-193-janda-sukabumi-bagi-pria-yang-masih-1262328
sumber dari pics.onsizzle dot com

Ndilalah, dasar rejekinya anak sholeh.

Ternyata mencari Rondo-Royal itu bukanlah pekerjaan yang sulit. Lebih sulit memecahkan persamaan Bessel, ketimbang menemukan si-janda satu ini. Percoyo wis. Anda hanya perlu main ke pasar-pasar tradisional. Di sanalah tempat para janda ini nongkrong, bersama kawan-kawannya. Sebut saja, si-Klepon, Onde-onde, Arem-arem, hingga mbak nagasari yang legit dibungkus daun pisang itu. Anda hanya perlu merogoh uang 2000 rupiah untuk bisa membawa pulang si-janda tiga sekaligus.

Jika Anda bukanlah tipe orang yang suka jajan (dalam arti sebenarnya), anda pun bisa membuatnya sendiri. Bahan-bahannya cukup mudah; siapkan tape singkong (peuyem juga bisa), terigu, biar lebih mantab tambahkan coklat dan keju untuk variasi.

Cara bikinnya, hancurkan tape singkong yang sudah cukup lembut (tapi belum sampai keluar alkoholnya), buat bulatan-bulatan kecil, tambahkan potongan keju dan coklat di dalamnya, kemudian celupkan kedalam larutan terigu. Lalu, goreng hingga warna berubah kuning kecoklatan. Selesai. Rondo-Royal double manisnya siap di santab sore-sore yang dingin ditemani teh hangat. Cocok untuk menemani obrolan hangat bersama orang-orang terdekat.

blog-337
gambar dari susieagung dot com

Meskipun panganan satu ini double manisnya, tapi belum tentu cocok untuk berbuka puasa. Soalnya Pak Haji pernah bilang:

Berbukalah dengan keluarga, karena yang manis belum tentu mau diajak berkeluarga.

Gitu!

Disclaimer: tulisan ini aselinya cuma ingin share resep bikin panganan rondo-royal, bila Anda kebetulan adalah seorang janda atau jomblo (akut, belum sembuh-sembuh lagi sering sensi hatinya) yang tidak setuju dengan pengantar tidak jelas di enam paragraf pertama mohon diabaikan saja. No offense. Karena saya mengerti, status janda (dan jomblo) adalah musibah. Manusia normal tidak ada satu pun yang menginginkanya.  Mari kita bersabar menghadapinya.

Oke? Salam!

Advertisements

58 thoughts on “Rondo Royal: Double Manisnya

      • hahaha, trus mas gitu, saya yang disabarin 😅😅 bukan bukan mas. Maksud saya secara keseluruhan gitu. Kalau menurut saya yang pemahamannya masih dangkal ini, ada begitu banyak tendensi tentang janda, duda dan pilihan untuk sendiri di tulisan mas yg ini hihi :’)

        Kan gak selamanya semua org yg memutuskan untuk sendiri itu karena gak punya org utk dipilih, banyak kok yg memilih untuk tanpa pasangan meskipun punya banyak pilihan 😅😅

        yah pokoknya begitu deh. Saya tunggu tulisan2 mas yg lain 😉

  1. Sudah kuduga dan ketebak ini pasti nama makanan… wkwk
    Apa itu memang makanan khas Jawa? Ibu saya pernah bikin, tapi gak pake toping coklat n keju, sudah enak ko..
    Kalau di bandung ada colenak, sama bahan dasarnya dari tape singkong, tapi dibakar, terus di atasnya dituangi saus gula kelapa or gula kacang.

    Btw, soal kasus janda di Sukabumi itu sempat saya diskusikan bersama teman-teman. Jumlah yang tertera segitu baru yang terdata, masih banyak yang belum terdata di pelosok2 Jawa Barat. Saya sempat membina juga Ibu-ibu janda, yang kalau dengar ceritanya memang memprihatinkan.. eh maaf kepanjangan komennya..

    • Kl baca via computer gampang ketebak soalnya tak masukkin kategori ‘makan’ 😀 *twist gagal*

      Kurang tau, tapi emang selalu ada disetiap pedagang jajanan pasar.

      Wah, jadi pengin nyoba colenak atau bikin sendiri? secara bandung kan jauh 😀

      Sebab utamanya apa mbak? Cerai? Saya pernah denger kl Jabar itu tingkat pernikahan anak-anak (dibawah batas minimal menikah) cukup tinggi. Benar? Apa gara2 itu?

      • Tadi saya gak fokus baca ke kategori “makan” ko, beneran!,, wkwk
        mungkin, kalau mau bikin plot twist di uncategorized aja.. hehe

        Belum pernah bikin sendiri, sih. Dulu, tetangga ada yang jualan colenak. saya hanya pembeli.. heu,
        jauh mana Turki sama Bandung? wkwk..

        iya, kebanyakan cerai yang x suaminya gak mau ngurusin (tidak diurusin) ke Pengadilan Agama, padahal udah berbulan2, sehingga status sang istri “menggantung’, walaupun secara agama mah udah jatuh talak.
        kenapa cerai? betul, salah satu penyebabnya karena tingkat pernikahan “anak-anak” yang cukup tinggi dan tidak dipersiapkan tentang pendidikan parenting, sehingga berpengaruh pada ketahanan keluarga. bahkan tidak sedikit yang nikahnya karena “kecelakaan”. selain itu akibat yang mencengangkan juga Jabar salah satu provinsi yang memiliki kasus HIV/Aids tertinggi.

        ya, begitulah sisi lain dari “ademnya” Jawa Barat.. hehehe.. tapi In sya Allah masih banyak yang baik-baiknya dari sisi yang lain, kok.. hehe

      • Aduh ngeri juga ya dibalik indahnya Jabar beserta orang2nya.

        Wah kl digantung seperti itu kasihan pihak perempuan. Maju (kawin lagi) tidak bisa, mundur (rujuk) tentu tidak mungkin bila sudah jatuh talak tiga.

  2. Gustiiii…. sampe ngowo2 persamaan bessel yang ujung2nya…m ahhh sudahlah…

    Kalau makanannya belum coba. Tapi kalau musibah (red: jomblo) sudah… alhamdulillah

  3. Aku selo sih kui acara senen paling k sana Ahad jadi semoga bisa ngepas2in waktunya naek kretaaa hoho… ada semacam penginapan gt g mas? Belum tau jg nanti dpt daerah mana.. mengko nak wis ono apdetan aku tekon meneh daah #sidanetakon #kupikirsimpel bahaha

  4. Udah emosi banget tadi baca 6 paragraf di awal, tapi langsung adem dengan satu kalimat penutup ini. “Mari kita bersabar menghadapinya.” KITA… oke fix. Mari kita pukpuk bersama 😀 😀 😀

  5. Onde Mande,tak kirain tadi apaan. Eh, taunya resep camilan. Itu kayaknya ditempatku sini ada, tapi nggak tau namanya #gorengan gitu aja.
    Oya, salam kenal mas. Nenek saya asli Wonogiri juga #laporan hehehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s